Monday, July 16, 2018

Intimate Wedding Venue di Jakarta

Source: Katakita Photo

Venue adalah variabel kunci dari persiapan pernikahan karena venue akan menentukan variabel-variabel lainnya (dan berujung di total cost!). Karena konsep pernikahanku adalah convenient and intimate, aku mencari venue kecil dengan kapasitas 200-400 orang di Jakarta.

Beberapa intimate venue harga sewanya lebih mahal daripada venue yang lebih besar. Tapi perlu diingat semakin besar venue, semakin besar juga budget yang harus disiapkan untuk dekorasi. Budget dekorasi itu bisa tak terbatas dari belasan juta hingga milyaran karena memang tidak ada pakemnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi intimate venue di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan yang aku rekomendasikan.

Rumah Ranadi


Rumah Ranadi adalah venue semi-outdoor yang terletak di Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Venue ini cantik dan romantis sekali. Bentuknya seperti Rumah Joglo dengan sentuhan modern minimalis yang didominasi dengan elemen kayu. Cocok untuk pernikahan dengan adat jawa atau modern dengan tema garden party. Kebetulan sepupuku menikah di sini dengan adat jawa untuk resepsi malam. Loved the romantic vibe!

Fasilitas yang disediakan adalah parkir valet, standard sound system, kursi futura, ruang ganti dan lainnya. Lokasi Rumah Ranadi terletak di daerah perumahan yang sangat padat dan aksesnya pun melalui jalan kecil. Sehingga ada kemungkinan terjadi macet dan kesulitan mencari parkir bagi tamu cukup tinggi. Overall, this is a perfect venue for those looking for intimate and romantic wedding in South Jakarta.


Source: Bridedept
Source: Bridedept
Source: Bridedept
Rumah Ranadi
$$
500 pax
Jl. Jeruk Purut Buntu No. 67N
Cilandak Timur, Jakarta Selatan
02178844368

Related stories:
http://thebridedept.com/pernikahan-kunto-aji-dewi-syariati/

Rumah Maroko


This is a venue like no other. Rumah Maroko memiliki nuansa timur tengah dan mediteranian yang sangat kental. Cocok sekali untuk pernikahan muslim atau adat (terutama pakaian adat Padang Kotogadang yang memiliki influence dari India). Saya belum menemukan venue lain yang seperti ini di Jakarta, kecuali restoran turki atau timur tengah. This beautiful venue is indeed insta-friendly. Ada banyak ruangan dan props yang bagus untuk foto. Kolam di bagian tengah Rumah Maroko juga menambah kesan nyaman dan informal, cocok untuk intimate event.

Selain arsitektur dan interior yang cantik, venue ini menyediakan one-stop service untuk semua keperluan pernikahan. Rumah Maroko menawarkan paket yang sudah termasuk in-house catering, standard decor, standard sound system, 1-night stay di penginapannya, complimentary prewedding venue rent, kursi futura dan lainnya. Menurutku penambahannya tidak akan terlalu signifikan dan tim Rumah Maroko sangat sigap dalam mengurus pernikahan.

Sayangnya, karena venue ini adalah sebuah rumah yang diubah menjadi function venue, the layout is very segregated. Walaupun besar dan cukup untuk 500 pax, para tamu akan memenuhi ruangan-ruangan kecil bersekat/dinding dan tidak bisa mingle dengan mudah seperti layaknya hall atau ballroom.





Rumah Maroko
$$
500 pax
Jl. Tasikmalaya No. 4
Menteng, Jakarta Pusat
0213151107
Website
Instagram

Roemah 7A

Source: Kalamila Photo
Kembali ke Jakarta Selatan, Roemah 7A adalah pilihan intimate venue yang terletak di Lebak Bulus. Venue ini pada dasarnya bergaya tradisional jawa dengan konsep rumah joglo namun sang pemilik banyak menyimpan barang-barang koleksinya di sini sehingga ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa diambil. Koleksinya beragam dari gebyok yang dicat warna pastel, mobil antik, hingga alat musik kuno. Barang-barang ini bisa kita pinjam untuk foto. Layout semi-outdoor Roemah 7A juga cukup convenient dengan taman yang berada di antara bangunan utama dan rumah joglo di belakang.

Dari sisi harga Roemah 7A ini cukup affordable dibanding intimate venue lainnya. Paket sewa standarnya mencakup kamar rias, gebyok pelaminan, genzet, dan lainnya. Venue ini juga menawarkan one-stop service seperti Rumah Maroko yang sudah termasuk catering, dekorasi, jasa WO, valet, AC, dan lainnya



Roemah 7A
$$
400 pax
Jl. Lebak Bulus I No. 7A
Cilandak, Jakarta Selatan
0217512332

Related stories:
https://www.bridestory.com/id/kalamila/projects/heni-amir-wedding-at-roemah-7a
http://thebridedept.com/javanese-engagement-at-roemah-7a/

Teuku Umar Mansion

Source: Katakita Photo
A love at first sight. Pertama kali ke Teuku Umar Mansion ada pernikahan anaknya teman ibu dan saat itu juga langsung jatuh cinta. I have never ever seen anything like this in Jakarta. Berbeda dengan Rumah Maroko yang memiliki ciri khas ala 1001 malam, arsitektur dan interior Teuku Umar Mansion didominasi dengan unsur kolonial barat. Ditambah lagi dengan koleksi seni pemiliknya yang cocok sekali dengan venue ini. Beberapa koleksi pun bisa dijadikan props dekorasi karena terlalu berat untuk dipindahkan.

The most iconic part is the stairs. Mengingatkan pada rumah keluarga Von Trapp dari film Sound of Music. Walaupun akses masuk ke hall utama dari belakang tangga jadi banyak orang wara-wiri, tangga ini tetap menjadi main selfie spot. Ruangan-ruangan kecil lainnya juga didekorasi sedemikian rupa sehingga punya karakternya masing-masing. Di acaraku kemarin dipakai untuk tempat menunggu keluarga selama prosesi dan tempat makan keluarga/VIP (karena aku tidak mau ada daerah khusus VIP di dalam main hall. Why? Because all guests are VIPs!).

Source: Katakita Photo

Indoor venue ini memiliki sedikit ruang taman di belakang. Tapi biasanya taman ditutup menjadi ruangan full AC agar tamu lebih leluasa dan tidak panas (juga untuk menghindari tamu merokok di dalam). Kelebihan lainnya (yang sangat aku syukuri) adalah venue ini tidak membatas pilihan vendor alias tidak punya rekanan kecuali untuk vendor tenda jadi aku bebas memilih vendor lainnya.

Walaupun venuenya cantik sekali, Teuku Umar Mansion menyediakan fasilitas yang lebih sedikit daripada venue lainnya. Sewa mencakup kamar rias, parkit valet, dan perijinan. Harga sewanya juga tinggi relatif ke harga sewa gedung pernikahan pada umumnya. Belum lagi tambahan untuk sewa tenda, AC, dan keperluan teknis lainnya. Tapi balik lagi, dengan venue yang sudah bagus begini biasanya tidak butuh dekorasi sebanyak ballroom atau wedding hall.

Source: Bridedept

Source: Bridedept

Teuku Umar Mansion
$$$
400 pax
Jl. Teuku Umar No. 30B
Gondangdia, Jakarta Pusat

Related stories:
http://thebridedept.com/classy-wedding-at-teuku-umar-mansion/
http://thebridedept.com/chic-and-elegant-wedding-at-teuku-umar-mansion/
My wedding story by Think Bride Indonesia

Plataran Dharmawangsa

Source: Bridestory

Siapa yang tidak kenal dengan Plataran Group yang sudah memiliki establishments di banyak tempat. Dua tahun terakhir saya kebagian menjadi panitia outing kantor dan selalu memilih kerja sama dengan Plataran Group karena sudah familiar dengan menunya, percaya dengan kualitasnya, dan stafnya juga sangat helpful. Plataran Cilandak yang terletak di Jalan Cilandak KKO memang lebih sering digunakan untuk acara pernikahan, karena tempatnya cukup besar untuk menampunya jumlah tamu pernikahan Indonesia pada umumnya. Nah, untuk acara yang lebih kecil seperti intimate wedding atau lamaran, Plataran Dharmawangsa adalah pilihan yang cocok.

Venue ini memiliki atmosfer tradisional jawa yang romantis dan intimate. Akses menuju Plataran Dharmawangsa cukup baik untuk ukuran Jakarta Selatan, tanpa melalui jalan-jalan kecil yang merupakan ciri khas daerah selatan karena tidak terletak di area perumahan. Venue ini sudah memiliki gebyok besar di pavilion utama yang berbentuk joglo dan bisa digunakan sebagai backdrop pelaminan sehingga tidak perlu sewa dari vendor dekorasi. Juga tersedia pavilion kecil yang berfungsi untuk tempat bersiap-siap dan area makan keluarga atau VIP. Area taman juga bisa digunakan untuk tempat mingle tamu. Pada malam hari pihak Plataran menyalakan obor api temaram sekeliling taman. Romantic indeed!

Venue ini hanya bisa menampung 250 tamu pada saat yang bersamaan dan hanya memperbolehkan in-house catering saja. Worry not, Plataran offers top-notch Indonesian food. Biaya sewa sudah termasuk dengan paket catering yang sudah ditentukan minimum revenue-nya. Harga menu catering per pax Plataran memang tidak murah tapi karena tempatnya sudah cantik, budget untuk dekorasi bisa dipindahkan ke catering. Jadi penilaian mahal-murahnya sangat relatif.

Source: Brava Radio

Source: Manual

Plataran Dharmawangsa
$$-$$$
250 pax
Jl. Dharmawangsa Raya No.6
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
02129044167
Website

Related stories:
http://thebridedept.com/javanese-engagement-at-plataran-dharmawangsa/
http://thebridedept.com/pernikahan-outdoor-dengan-suasana-romantis-di-plataran-dharmawangsa/
http://thebridedept.com/23899-2/

Plataran Menteng

Source: Honeycombers

Another beautiful venue located in Menteng. Berbeda dengan Plataran Dharmawangsa dan Plataran Cilandak yang mengusung tema jawa tradisional, bangunan Plataran Menteng bergaya kolonial. Plataran Group sepertinya berusaha mempertahankan ciri khas original dari bangunan tua yang sudah berdiri dari jaman Belanda ini. Salah satunya adalah pohon besar yang ada di tengah bangunan. Sedikit trivia, dulu rumah adalah klinik yang ini dimiliki oleh dokterku waktu kecil. Keluarga kami mendengar beliau meninggal beberapa tahun lalu dan setelah itu diubah menjadi venue restoran oleh Plataran Group.

Venue terbagi menjadi beberapa bagian mirip dengan Rumah Maroko yang segregated. Restoran untuk umum ada di lantai bawah dan private rooms di lantai atas. Interior di ruangan lantai atas lebih kental tradisional jawa atau Indonesia dibanding ruangan di lantai bawah. Sayangnya, karena tempatnya tidak besar, Plataran Menteng hanya cukup untuk 100 pax pada waktu bersamaan.

Overall, konsepnya sama dengan Plataran Dharmawangsa yang mengharuskan penyewa untuk memesan makanan dengan minimum order. Menurutku mengadakan acara di Plataran Menteng tidak perlu additional decoration lagi karena tempatnya sudah cantik sekali.

Source: JKTDelicacy.com

Source: TripAdvisor

Plataran Menteng
$$-$$$
100 pax
Jl. HOS. Cokroaminoto No.42
Menteng, Jakarta Pusat
(021) 29627771
Website

Venues I have yet to visit...

Tambahan lagi beberapa venue yang sering aku temui di Instagram dan sepertinya cocok untuk acara intimate. Namun karena aku belum sempat datang dan lihat langsung ke tempatnya aku belum bisa berikan full review, but you may want to check them out:

Rumah Imam Bonjol


Hope the list helps and eases your wedding planning journey!


All photos are sourced from Google, unless otherwise stated

0 comments:

Post a Comment